Cara Mengetahui Madu Orisinil Atau Palsu

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa madu sangat berguna untuk kesehatan. Dikarenakan madu mengandung banyak sekali macam jenis vitamin, mineral, enzim, antioksidan dan antibakteri.

Namun sangat di sayangkan, banyaknya oknum yang menjual madu dan mengolah madu dengan cara cara yang licik yaitu dengan mencampur madu orisinil dengan materi bahan lain. Dengan begitu tidak semua madu yang dijual di pasaran benar-benar murni 100 persen.

Ada beberapa zat yang dicampurkan menyerupai glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, sirop jagung, pati, tepung dan sebagainya. Bagi kita yang awam, tentunya memang cukup sulit untuk melihat dan membedakan mana madu orisinil tanpa gabungan dan mana madu palsu yang telah dicampurkan.

Nah untuk itu, bagi kau yang belum paham untuk mengetahui madu orisinil atau madu palsu. Berikut draolan akan kasih tipsnya, silahkan kau simak ulasan di bawah ini:

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa madu sangat berguna untuk kesehatan Cara Mengetahui Madu Asli atau Palsu

1. Kenali rasa dan warna pada madunya
Mengenai intensitas rasa, madu memang mempunyai rasa dan warna yang berbeda-beda tergantung bunga yang diambil nektarnya oleh si Lebah. Untuk mengetahui madu murni atau tidak, kau perlu kenali rasa dan warna pada madunya.
Madu orisinil mempunyai rasa yang khas dan tidak terlalu manis. Sedangkan madu palsu akan terasa lebih manis.

Selain itu madu murni berwarna coklat keemasan dan tampak keruh, alasannya mengandung pollen dan adakala terdapat potongan badan lebah. Berbeda dengan madu palsu yang tampak bersih. Tapi tidak semua madu yang jernih dikatakan palsu.

2. Madu orisinil tidak membeku ketika dimasukkan ke dalam freezer
Salah satu jenis madu yang banyak dikonsumsi ialah jenis madu hutan. Madu hutan berasal dari jenis lebah Apis Dorsata, yang hidup bebas di hutan. Mereka berukuran lebih besar dari lebah ternak.

Nah, Untuk memilih apakah madu yang kau beli orisinil atau tidak, salah satu caranya sanggup dilakukan dengan memasukkan madu ke dalam freezer selama semalaman. Jika jadinya madu hanya mengental, berarti madu tersebut asli.

Namun sebaliknya, apabila madunya membeku sanggup dikatakan palsu dan mempunyai kandungan air atau gabungan gula yang cukup banyak.

3. Mencelupkan dan menggosok madu dengan kedua jari
Sebenarnya madu mempunyai banyak jenisnya. Membedakan madu orisinil dan madu palsu sangat penting. Sebab sekarang semakin banyak madu yang tidak murni 100 persen.

Ciri-ciri mana madu orisinil dan yang palsu juga sangat jelas. Kamu sanggup mengetes madu orisinil dengan mencelupkan ujung jari ke dalamnya, kemudian gosoklah memakai dua jari.

Madu orisinil tidak akan lengket di tangan, justru akan meleleh dengan sendirinya dari jari. Berbeda dengan madu palsu yang agak lengket alasannya mengandung tambahan dan materi tambahan.

4. Memanaskan madu dalam waktu singkat
Madu palsu juga disebut dengan madu tidak murni atau tiruan.
Madu palsu yaitu madu yang telah ditambahkan glukosa, dekstrosa, molase, sirup gula, gula invert, tepung, sirup jagung, atau produk sejenis lainnya. Mungkin anda pernah memanaskan madu”

Ketika madu murni dipanaskan maka akan cepat larut dan bereaksi dengan karamelisasi dalam waktu yang singkat dan tidak berbusa.

Namun apabila madu berbuih dan gelembung, itu menunjukan madu tersebut palsu yang mengandung tambahan air dan tambahan buatan.

5. Memasukkan tetesan madu ke dalam gelas berisi air putih
Ciri-ciri madu orisinil selanjutnya ialah dengan mencampurkannya ke dalam gelas berisi air putih.

Ketika madu orisinil dimasukan ke dalam air, maka akan tetap mengental dan tidak larut di dasar air. Lain halnya dengan madu palsu yang gampang menyatu usai diaduk.

Sebab madu palsu umumnya sudah dioplos dengan air dan banyak sekali gabungan materi tambahan menyerupai sirup maupun gula.


Demikian ulasan diatas perihal cara mengetahui madu orisinil atau palsu. Dengan mengetahui 5 ragam cara madu orisinil atau palsu tersebut, maka jangan biarkan anggota keluargamu mengonsumsi madu palsu. Cukup sekian tips dari draplan, semoga bermanfaat yah guys”...!!!